Jakarta (20/7/2019) – Ada yang istimewa saat Harlah HPN di usianya yang Sewindu kemarin. Empat Badan Usaha langsung diajak kerjasama dan menghasilkan beberapa keputusan penting yang sangat berguna bagi organisasi dan anggota HPN.

Dengan PT. Kreado misalnya, kerjasama terkait dengan aplikasi Greenpages. Mulai pengelolaan data keanggotaan HPN serta pengelola Marketplace HPN di aplikasi Greenpages. Pengelolaan data anggota HPN melalui aplikasi berbasis website dengan nama Elektronik Direktori Usaha Nusantara (E-DUN). Melalui aplikasi ini, anggota HPN diseluruh Indonesia dapat mendaftarkan diri menjadi anggota HPN tanpa perlu ribet dan ruwet cukup dengan nomor kontak (HP) dan foto diri dan KTP.

“Bila sudah mendapatkan SMS Notifikasi, maka bisa mengupload foto usaha masing masing anggota, missal warung bakso, tukang cukur, Fashion, dll,” jelas Risky Wijayanti Direktur Utama PT. Kreado Andalan Nusantara.

Saat ini aplikasi ini diperluas dilebur dalam aplikasi terbaru yang dibuat oleh PT. Digital Ekonomi Nusantara (DES) yakni Greenpages. Bahkan, didalam Greenpages terdapat Marketplace sebagai ajang jual beli antara anggota.

Dari pihak HPN hal ini sangat diuntungkan karena mekanisme pendaftaran anggota menjadi sangat mudah dan nyaman. Bahkan penataan organisasi menjadi sangat cepat dan rapi karena data mengenai jumlah riil anggota sudah ada.

“Dari data itulah yang akan kami pakai untuk segala macam tujuan mulia HPN salah satunya untuk menjalin sinergitas ekonomi diantara anggota,” jelas Reza Fahlipi, Ketua 1 HPN Bidang Organisasi.

Sedangkan kerjasama dengan pihak BRI dengan tujuan untuk meningkatkan potensi sumber daya dan pemberdayaan pelaku UMKM. Ruang lingkup kerjasama meliputi, bidang penelitia ilmiah, pemberdayaan pelaku UMKM, tukar menukar informasi termasuk didalamnya data sharing dan jejaring pelaku usaha UMKM. Pihak BRI diwakili oleh Direktur Utama BRI Microfinance Centre yakni Ibu Anita Retnani dan pihak HPN yakni Ketum HPN, Ir Abdul Kholik MM. (*)